17 Agustus 2009

Laporan Singkat Millennium Development Goals Indonesia 2009

Laporan Singkat Pencapaian MDGs Indonesia 2009 telah terbit. Laporan terbaru tentang status pencapaian MDGs di Indonesia ini memaparkan keadaan dan kecenderungan pencapaian sasaran MDGs sampai tahun 2008/2009. Untuk menggambarkan keadaan pencapaian setiap target digunakan indikator utama yang merupakan tujuan yang diamanatkan dalam MDGs. Sebagai pelengkap digunakan pula indikator pendukung yang bukan merupakan indikator yang langsung diamanatkan dalam MDGs, tetapi mempunyai relevansi yang erat dengan indikator utama. Indikator ini diharapkan dapat menjelaskan kondisi spesifik di Indonesia. Pemilihan indikator ini mempertimbangkan relevansi dan keberlanjutan sumber data untuk memonitor pencapaian sasaran MDGs.

Keadaan dan kecenderungan menceritakan perkembangan secara umum. Cakupan tahunnya tidak harus sama seperti cakupan MDGs. Intinya ingin mengaitkan MDGs ke dalam perspektif pembangunan Indonesia. Perkembangan dan kecenderungan berkaitan dengan tujuan MDGs mengikuti periodisasi tahun 1990-2015, kecuali target 11 perbaikan permukiman kumuh yang sasarannya harus dicapai pada tahun 2020. Berdasarkan indikator yang digunakan dilakukan penilaian posisi pencapaian MDGs Indonesia berdasarkan kesesuaian (on-track) atau kemelesetannya (off-track) dari target MDGs masing-masing. Penilaian ini penting terutama untuk indikator utama.

--ooOOoo--

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Good brief and this fill someone in on helped me alot in my college assignement. Thank you as your information.

Randy R. Wrihatnolo mengatakan...

No problem, but please, it would be better if your true identity appears. Many thank's

Trish mengatakan...

Pak boleh minta electronic version dari status.lap singkat MDG Ind 2009? Laporan yang di slide share, enggak bisa di down-load. Thanks in advance, Patricia

Anonim mengatakan...

Pagi....apakah laporan MDG's Indonesia untuk tahun 2012 sudah keluar???

Terima kasih